Bersama dalam Iedul Adha 1435 H

Alhamdulillahi rabbil'alamin... Dalam kesempatan yang menggembirakan ini kita patut bersyukur atas segala nikmat dan karuniaNya. Pada moment iedul adha tahun ini kita dapat melaksanakan beberapa agenda sebagai rangkaian dari perayaan Iedul Adha 1435 H. Yang pertama adalah Lomba masak antar santri SMP dan SMA.
Kegiatan ini tetap mengambil tema 'sajian iedul adha' dengan mengolah daging qurban yang berasal dari para dermawan dan donatur pesantren. Di antara sekian peserta yang menyemarakkan lomba, ada yang mengolah masakannya dengan menyajikan berbagai menu, ada yang memasak tongseng dinamit yang disajikan juga dengan segarnya es campur mang Ade, gulai kambing yang disandingkan dengan mantapnya es kelapa muda, dan menu-menu lain yang sangat menggugah selera. 
Kemudian agenda kedua adalah menyembelih 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Hewan-hewan tersebut berasal dari keluarga besar Darul-Hikmah dan juga dari para dermawan lainnya. 
Penyembelihan kali ini dilakukan oleh tim dari Takmir Masjid Darul-Hikmah yang dipimpin oleh bapak Drs. Radjendra.
Dari proses penyembelihan ini terkumpul daging yang seterusnya dapat dibagikan pada kalangan masyarakat sekitar pesantren. Di samping itu seluruh santri di dalam kampus pesantren dapat pula menikmati dan menyantapnya.
 Patut menjadi pelajaran bahwa sejatinya seluruh rangkaian dari perayaan iedul adha seperti ini tidak hanya dicap sebagai bentuk "sadisme". Tentunya kalau ada kalangan yang beranggapan seperti itu layak diingatkan. Bahwa Islam adalah agama yang sejalan dengan naluri dan 'syahwat' manusia dalam hidupnya.
Dalam qurban ini ada hikmah bahwa kita bisa berbagi dalam hal materi duniawi, dalam arti seluruh kalangan muslim yang kurang mampu dapat pula menikmati hal yang jarang ditemui dalam kehidupan sehari-hari mereka. Di sisi lain banyak pula hikmah-hikmah yang tentunya sangat nyata dampaknya dalam hidup kita.
Oleh karena itu satu hal yang wajib kita lakukan di manapun dan kapanpun adalah "rasa dan ucap" syukur kita pada Allah swt...alhamdulillah...
Rangkaian acara yang ketiga adalah Pelatihan manasik haji untuk santri SDIT, SMPIT, dan SMAT. Acara ini dipimpin oleh bapak Drs. Sumarno dan ibu Yayuk Maftuhah, S.Pd.I Maksud dan tujuan dari pelatihan ini adalah diharapkan santri dapat memahami secara lebih mendalam arti dari rangkaian dan ritual-ritual dalam ibadah haji. Oleh karena itu, di samping sebagai bekal masa depan juga agar para santri bisa dengan mudah dapat mengimplementasikan teori dalam praktek kehidupan sebenarnya.
 Dari semuanya, ini adalah salah satu ungkapan syukur kami sebagai hambaNya. Semoga apa yang senantiasa kami harapkan dan citakan dapat terwujud dan berwujud baik dan bermanfaat untuk sendi-sendi kehidupan pesantren. Semoga Allah swt selalu menjaga dan membimbing niat kami uantuk tetap istiqamah di jalanNya.
 Akhir kata, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh komponen keluarga besar Pondok Pesantren Darul-Hikmah, dari pimpinan, para guru dan karyawan, orang tua/ wali santri. Dan juga kepada para dermawan dan donatur yang telah mau menyisihkan sedikit hartanya untuk kami, semoga amal shaleh ini menjadi pembuka pintu rezeki anda semua dan semoga kebaikan kita dapat menjadi penerang dalam alam kubur kita nanti, amin. 
 insyaallah................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GALERI FOTO

MALAM INAGURASI 7 APRIL 2012

Janji Santri Darul Hikmah