WISUDA SANTRI TAHUN AJARAN 2013-2014

Langit cerah di atas bumi Darul-Hikmah seakan menambah kehangatan dalam rasa gembira-ria para santri kelas 6, kelas 9 dan kelas 12 karena pada hari Selasa tanggal 24 Juni 2014 mereka diwisuda sebagai purna santri Darul-Hikmah. Pada Tahun Ajaran 2013-2014 ini Pondok Pesantren Darul-Hikmah telah mewisuda 88 santri, terdiri dari 17 santri SDIT, 26 santri SMPT, dan 20 santri SMAT, dan 25 santri wisuda al-Quran.
Sidang Terbuka wisuda sendiri diketuai oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Drs. H. Soemiyanto, dengan anggota Drs. Himawan Budi Santoso, dan Farhan, S.H.I. Dalam kesempatan tersebut juga bapak Ketua Pembina Yayasan berkenan memberi penghargaan kepada santri berprestasi dari masing-masing UP3 yaitu dari SDIT, dan SMPT diraih oleh Soleh Tito Sudarma, serta dari santri SMAT oleh Muhammad Syarif. Rangkaian acara wisuda kali ini diadakan sekaligus dengan acara Milad Pondok Pesantren Darul-Hikmah ke-16 yang ditandai dengan pidato milad oleh pengasuh pesantren bapak KH. Dr. Fadlil Munawwar Manshur, MS. Dalam pidatonya, bapak pengasuh mengatakan bahwa dalam usia yang relatif "remaja", Pondok Pesantren Darul-Hikmah telah menunjukkan eksistensinya yang dihormati oleh masyarakat, pemerintah, dan para pemangku kepentingan (stake holders) lainnya. Dalam penjelasannya pengasuh juga menyampaikan visi dan misi yang menjadi arah sistem pendidikan di Darul-Hikmah. Visi pondok adalah "Terbentuknya insan santri yang berakhlak mulia, berilmu yang berkah, dan bermanfaat untuk masyarakat, bangsa, dan negara". Dan dengan misi "Mendidik dan membina santri untuk memiliki akhlak mulia kepada Allah swt, orang tua, guru, dan kepada masyarakat luas, serta mencintai ilmu pengetahuan sehingga pada saatnya nanti para santri dapat bersaing dengan lulusan lembaga pendidikan lain, dan menjadi insan-insan yang memberi manfaat kepada masyarakat luas".
Dalam kesempatan tersebut pengasuh menyampaikan pula bahwa Pondok Pesantren Darul-Hikmah telah memiliki cabang pesantren di Desa Buana Mekar kabupaten Ciamis Jawa Barat yang diberi nama Pondok Pesantren Hikmatussalam yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Pondok Pesantren Darussalam Ciamis. Dan pada saat ini, telah dibangun sebuah mesjid dan satu unit gedung untuk pengelola harian pondok. Dalam rancangan jangka menengah/panjang ini dicanangkan akan membuka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang salah satu orientasinya adalah berfokus pada bidang pertanian. Pesantren Hikmatussalam ini nantinya disiapkan khusus untuk santri putra.
Akhir kata, kami segenap pimpinan dan keluarga besar Pondok Pesantren Darul-Hikmah mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati. Semoga segala hal yang didapat dan diraih selama belajar di pesantren dapat mendatangkan berkah dan rahmat dalam kehidupan santri semuanya dan juga bermanfaat untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari kepada keluarga, saudara, daerah, bangsa, negara, dan agama. Dan hal penting lain adalah semoga perjuangan yang telah dilakukan oleh santri dapat mengangkat derajat dan membahagiakan ayah ibu dan keluarga di rumah. insyaallah, aamiin.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

GALERI FOTO

MALAM INAGURASI 7 APRIL 2012

Janji Santri Darul Hikmah